Kamis, 29 Juli 2010

Pregnancy

Waw....kalo da ngomong soal pregnancy atau kehamilan bikin kita seakan takjub. Bagaimana nggak coba...kalo di dalam badan kita ada kehidupan lain yang notabene hidup seperti kita. Memang ada bedanya dikit siy tapi intinya sama....yaitu suatu kehidupan didalam kehidupan yang lain.
Takjub. Itu yang aku rasakan ketika tahu kalo ternyata alhamdulilah aku diberikan kepercayaan untuk segera menjadi orang tua. Ga tau apa itu terlalu cepat ato nggak yang pasti aku merasa kalo memang sudah waktunya semua akan indah pada saatnya. Sekarang usia kehamilanku berjalan 9 minggu. Masih dini siy...tapi syukur alhamdulilah aku juga diberikan kemudahan dengan semua kehamilanku ini. Semoga itu berjalan sampai akhir aku melahirkan dan kami aku serta bayiku dapat selamat dan sehat tanpa halangan. Berbagai bacaan dan wacana serta masukan dari berbagai sumber aku jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan sesuatu. Baik itu soal makanan, pantangan dan anjuran yang semuanya aku anggap baik. Segala referensi aku pake dan aku cari demi untuk memperdalam pengetahuanku soal kehamilan. Maklum kehamilan pertama jadi mesti extra banyak belajar. Berbagai sumber aku cari baik via internet maupun share sesama teman yang sudah pernah hamil. Sebagai bahan wawasan ada sedikit yang mau aku share dengan semua teman-teman yang sedang hamil. Info ini aku dapat dari berbagai situs yang ada di internet baik itu www.infoibu.com, www.ibuhamil.com,www.mommeworld dll yang aku jadikan referensi dalam mejalani kehamilanku ini. Diantaranya ada beberapa artikel yang bisa berguna bagi temen-temen yang ga sempet share or buka situs itu, ini aku cuba bantu share di sini ya semoga berguna.

***** Makan Cerdas Saat Hamil ******

Ada makanan yang sebaiknya dihindari selama hamil. Pertimbangkan secara cermat, agar pengaruhnya baik bagi Anda dan janin.

Meskipun rasanya lapar terus, Anda harus cermat sebelum mengisi perut. Tidak peduli bahan pembuat makanan (ingredient) serta proses pembuatannya bisa berakibat kurang baik bagi Anda dan janin. Bu, selama hamil sebaiknya hindari makanan berikut ini:
•Makanan yang diberi tambahan (aditif) antara lain pewarna dan perasa. Makanan siap saji dan siap pakai (instan) tak jarang dibubuhi pewarna dan perasa makanan. Meskipun dua zat ini dalam jumlah sedikit cukup aman dikonsumsi ibu hamil, namun sungguh bijak, apabila Anda menghindari makanan dengan pewarna dan perasa. Toh, pilihan makanan yang lebih sehat dan aman masih banyak. Ingin rasa dan nuansa stoberi?! Makan saja puding yang dibuat dari stroberi segar!
Efek buruk : Mual, pusing atau sakit perut.
•Makanan yang diproses secara cepat dan mendapat penambahan gula dan lemak. Makanan dan minuman dengan kalori tinggi dan minim gizi yang termasuk dalam kelompok, di antaranya, minuman ringan bersoda, keripik kentang, pop corn rasa mentega atau karamel – biasanya siap pakai bukan yang plain/tanpa rasa. Sandwich isi sayuran plus telur cukup untuk membuat Anda saat hamil untuk menahan lapar dalam waktu lama.
Efek buruk : overweight ibu dan janin. Ibu dengan riwayat keluarga diabetes juga dengan mudah akan mengalami diabetes gestasional.
•Makanan dengan kandungan garam tinggi dan/atau MSG. Untuk ibu hamil, konsumsi garam harus benar-benar dibatasi. Selain makan instan yang siap saji, fast food sebagian besar diproses dengan penambahan garam dan MSG yang tak jarang cukup tinggi. Ingin makan mi?! Mengapa tidak mencari resto yang terjamin tidak memberi tambahan garam dan MSG. Kalau mau sedikit repot, ya ... masak sendiri!
Efek buruk : Kelebihan konsumsi akan menyebabkan tekanan darah ibu jadi tinggi dan bisa memicu pre-eklampsia. Sebagian ibu lagi, bisa dengan mudah mengalami pembekakan di kaki, tangan dan bagian tertentu akibat retensi air.
•Makanan yang kurang higienis. Misalnya, jajanan yang dijual di pinggir jalan yang sarat debu dan terpapar lalat hindari saat ham. Tak jarang keinginan untuk makan rujak atau jajanan khas mendominasi masa mengidam. Eiitsss! Tunggu dulu, cermati cara penyajian dan penyimpanan bahan-bahan pembuat. Anda bisa berinovasi membuat sendiri asinan dan rujak di dapur Anda. Carilah panduan buku resep yang terpercaya atau tak perlu sungkan minta bantuan ibu atau mertua Anda.
Efek buruk : dari diare hingga keracunan, tipus. Sayur dan buah yang kondisinya kurang baik, atau masakan yang basi, bersifat racun (toksik), lho!


*** Menu Sehat Ibu Hamil ***

Cermati makanan yang Anda konsumsi agar tetap fit dan janin tumbuh sehat. Ibu hamil butuh makan sehat untuk diri dan bayinya. Jangan takut gemuk, karena kalau tidak mendapat penambahan berat badan yang sesuai selama kehamilan akan bersisiko pada bayi, yakni lahir premature atau berat badan lahir rendah (BBLR).
Makanan yang dikonsumsi selama kehamilan sebaiknya mengandung:
• Protein: konsumsi 2-3 porsi setiap hari.
Sumber: daging tanpa lemak, ayam bagian dada, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
• Kalsium: minum 2 gelas/hari.
Sumber: keju, ikan teri, dan sayuran hijau.
• Folat: kebutuhannya 400 mikrogram/hari.
Sumber: buah, sayuran hijau segar, kacang-kacangan, hati, dan ayam.
• Zat besi: kebutuhannya 30-60 mg/hari
Sumber: daging merah, sayuran berdaun hijau, dan buah kering
• Vitamin C: dengan 70-80 mg/hari akan membantu penyerapan zat besi dari tumbuhan.
Sumber: jambu biji, stroberi, jeruk, anggur, tomat, apel, dan sayuran.
• Serat: konsumsi 1/3 porsi makan
Sumber: sayuran dan kacang-kacangan.
• Cairan: minum paling sedikit 2 liter sehari untuk membantu pencernaan makanan dan produksi darah.


*** Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil***

Mangga selain enak ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi wanita hamil.

Saya suka sekali buah mangga terutama mangga yang masih muda karena dapat mengusir rasa mual. Mangga muda dan matang, manakah yang lebih baik? Apa saja manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada buah mangga.
Buah dan sayuran sangatlah penting untuk dikonsumsi terutama saat hamil karena kaya akan nutrisi. Alangkah baiknya kita mengetahui kandungan nutrisi makanan maupun minuman yang kita konsumsi agar kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsinya karena baik untuk kesehatan. Kali ini mommeworld akan berusaha mengupas apa saja manfaat buah mangga untuk ibu hamil.
Gizi yang terkandung didalam serta manfaat buah mangga antara lain :
• Serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk kelancaran pencernaan. Keluhan ibu hamil seperti sembelit dapat teratasi dengan cukupnya konsumsi serat baik serat larut maupun tidak larut air. Bila pencernaan kita tidak lancar, maka penyerapan nutrisi oleh tubuh akan terganggu. Untuk menambah dosis serat setiap harinya, dianjurkan untuk mengkonsumsinya sedikit demi sedikit. Penambahan porsi serat secara tiba-tiba akan menimbulkan kelebihan gas dalam lambung sehingga membuat kita tidak nyaman.
• Kalium/potassium. Kalium berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Terlalu banyaknya cairan yang tertahan dalam tubuh dapat menyebabkan kaki kita menjadi bengkak.
• Antioksidan. Mangga pun merupakan sumber beta-karoten dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitamin C) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Radikal bebas secara tidak langsung akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan janin. Tentunya radikal bebas sulit kita hindari, oleh sebab itu antioksidan sangat penting dikonsumsi. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan organ penglihatan janin kita.
• Sumber energi. Buah mangga mengandung gula yakni sukrosa dan karbohidrat yang baik untuk sumber energi sehingga gula darah kita menjadi stabil. Buah mangga dapat dijadikan snack yang sehat. Snacking penting untuk menjaga kestabilan gula darah dan menjaga agar suasana hati kita lebih stabil (berapa banyak ibu hamil mengalami suasana hati yang tidak menentu karena pengaruh hormonal dan gula darah?) hehehe..
Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buah mangga yang baik adalah pilihlah buah mangga yang tidak terlalu lembek dan tidak berbau terlalu menyengat. Tapi hati-hati bagi wannabe-moms yang memiliki gangguan pada lambung. Anda lebih baik memilih buah mangga yang sudah matang karena mangga muda memiliki tingkat keasaman tinggi sehingga mungkin berisiko mengiritasi lambung.
Semoga wannabe-moms senang yaa setelah membaca artikel ini. Selain rasanya enak dan ampuh mengusir mual, buah mangga juga kaya akan nutrisi yang tak kalah penting dari buah lainnya. So, have a healthy pregnancy!



*** Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil ***

Salah satu alternatif asupan makanan yang enak dan sehat buat ibu hamil

Manfaat kacang hijau khususnya untuk ibu hamil telah dikenal sejak beberapa dekade yang lalu. Apa sih manfaatnya? Saya hanya tahu kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil tapi tidak tahu apa manfaatnya secara rinci.
Nah, hari ini mommeworld akan mencoba mengupas apa saja kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau serta manfaatnya untuk ibu hamil. Nutrisi serta manfaatnya antara lain:
Asam Folat
Asam folat sangat penting dikonsumsi pada trimester awal kehamilan (bahkan sejak sebelum hamil) dab berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Hal ini tentunya berhubungan dengan tingkat kecerdasan bayi. Asam folat juga mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida, dan kecacatan lainnya. Asam folat juga dapat kita jumpai pada kacang kedelai, brokoli, jeruk, bayam, alpukat, dan lain-lain.
Vitamin B1 dan B2
Vitamin ini bermanfaat untuk membantu penyerapan protein, pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, menjadi katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi. Kacang hijau sangat baik untuk mengatasi kelelahan saat kita hamil karena kandungan vitamin B1-nya.
Protein tinggi
Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ pada janin. Bila kebutuhan protein tidak tercukupi, maka pertumbuhan organ bayi tidak sempurna serta terjadi kecacatan. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi protein yang cukup saat hamil, akan meningkatkan volume rambut bayi.
Lemak baik
Lemak bermanfaat sebagai cadangan makanan pada tubuh, melindungi organ, serta menjaga kestabilan suhu tubuh kita maupun bayi kita. Lemak pada kacang hijau berkadar rendah serta aman untuk jantung. Kacang hijau aman dikonsumsi terutama oleh wanita hamil penderita preeklampsia karena lemak pada kacang hijau aman untuk tekanan darah.
Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dicerna tubuh lebih lama sehingga energi kita lebih stabil bila mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi kacang hijau yang mengandung karbohidrat kompleks, kita akan merasa kenyang lebih lama serta tidak mudah lelah.
Kalsium dan fosfor
Kalsium berfungsi untuk petumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Fungsi utama fosfor adalah pemberi energi, membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesa DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kalsium akan bekerja lebih maksimal jika dikonsumsi bersamaan dengan fosfor. Kebutuhan kalsium dan fosfor pada saat hamil meningkat karena unsur ini penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Bila konsumsinya tidak mencukupi maka bayi akan mengambil kalsium dari tubuh ibu sehingga ibu di kemudian hari bisa beresiko mengalami osteoporosis.
Serat
Serat berfungsi membantu kelancaran proses pencernaan serta memelihara kesehatan saluran cerna kita. Terhambatnya proses pencernaan akan mengakibatkan penyerapan nutrisi yang tidak maksimal oleh tubuh.
Nah, ternyata banyak sekali manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Waktunya menikmati bubur kacang hijau di sore hari? Hehehe.. Have a healthy pregnancy!


Semoga bermanfaat ya...next time kita share lagi info yang lain


By My Moon Yogya 29 Juli 2010

Tidak ada komentar: